LATIHAN SOAL USBN
- 1. Setiap perjalanan hidup seseorang pasti memiliki berbagai macam persoalan. Maka dari itu dalam menjalani kehidupan ini seseorang harus memiliki motivasi untuk hidup yang lebih baik. Makna kata yang bergaris bawah pada kalimat tersebut adalah ....
A. bantuan
B. dorongan
C. ceramah
D. persiapan
- 2. Perhatikan teks berikut ini!
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cenderawasih, orang utan, dan komodo.
Apa yang dihasilkan hutan lebat?
A. Kayu yang berguna bagi pemerintah
B. Oksigen yang berguna
C. Tempat tumbuh hewan
D. Sebagai paru-paru dunia
- 3. Perhatikan kutipan teks laporan percobaan berikut!
- 1. Mula-mula, campurkan terlebih dahulu lem povinal, pembersih lantai, deterjen cair, deterjen bubuk, dan air secukupnya saja ke dalam wadah slime. Campuran ini disebut dengan activator.
- 2. Aduklah campuran tersebut sampai merata.
- 3. Kemudian tambahkan lem povinal kedalam campuran activator.
- 4. Aduk lagi hingga struktur atau bentuknya menggumpal.
- 5. Masukkan ke dalam freezer selama lima sampai sepuluh menit.
- 6. Setelah itu, keluarkan adonan tersebut dari freezer.
- 7. Aduk lagi sampai bisa dimainkan.
- 8. Slime tanpa boraks pun sudah dapat dimainkan.
Struktur teks laporan percobaan tersebut adalah ... .
- A. Alat dan bahan
- B. Langkah-langkah
- C. Hasil
- D. Kesimpulan
- 4. Perhatikan potongan teks pidato berikut ini !
Bapak/Ibu juga rekan-rekan yang saya hormati, Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah ataupun instansi-instansi tertentu agar budaya gotong royong kembali ditingkatkan, salah satu contohnya adalah dengan adanya "JumSih". Dimana pada setiap hari jumat, para karyawan baik yang di instansi pemerintah maupun swasta menjaga kebersihan dilingkungan sekitarnya dengan cara bekerja bersama membersihkan setiap apapun yang dianggap kotor untuk dibersihkannya dengan bersama-sama atau gotong royong
Ciri kebahasaan yang terdapat pada teks di atas adalah :... .
- A. Menggunakan kalimat aktif
- B. Menggunakan kalimat tidak efektif
- C. Menggunakan kosa kata emotif
- D. Menggunakan sinonim
- 5. Perhatikan potongan teks berikut ini!
Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.
Ide pokok yang terdapat pada paragraf di atas adalah:... .
- A. Kegunaan berbagai macam sampah
- B. Sampah dan manfaatnya
- C. Sampah organik dan anorganik
- D. Sampah rumah tangga
- 6. Perhatikan penggalan teks berita berikut ini!
Indonesia kembali dibuat bangga dengan prestasi salah seorang generasi mudanya. Ia adalah Musa La Ode Abu Hanafi (7), hafiz cilik yang berhasil meraih juara 3 dalam Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) International di Mesir pada 10-14 April 2016. Berkat prestasinya itu, Musa mendapat berbagai pujian dari berbagai elemen masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Presiden Joko Widodo yang mengungkapkan rasa bangganya melalui akun Twitter beberapa waktu lalu. "Kita bangga dengan prestasi Musa La Ode Abu Hanafi, hafiz 7 tahun di Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Mesir -Jkw," tulis Jokowi. Rasa bangga tersebut seolah semakin bertambah mengingat Musa merupakan peserta termuda dalam perlombaan itu.
Kesimpulan isi dari paragraf di atas adalah :... .
- A. Musa La Ode Abu Hanafi seorang hafiz cilik yang berhasil meraih juara 3 dalam Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) International di Mesir pada 10-14 April 2016. Berkat prestasinya itu, Musa mendapat berbagai pujian dari berbagai elemen masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Presiden Joko Widodo.
- B. Rasa bangga Bapak Joko Widodo terhadap Musa La Ode Abu Hanafi karena memenangkan perlombaan di mesir.
- C. Musa mendapat berbagai pujian dari berbagai elemen masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Presiden Joko Widodo yang mengungkapkan rasa bangganya melalui akun Twitter beberapa waktu lalu. "Kita bangga dengan prestasi Musa La Ode Abu Hanafi, hafiz 7 tahun di Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Mesir -Jkw," tulis Jokowi.
- D. Indonesia kembali dibuat bangga dengan prestasi salah seorang generasi mudanya. Ia adalah Musa La Ode Abu Hanafi (7), hafiz cilik yang berhasil meraih juara 3 dalam Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) International di Mesir pada 10-14 April 2016.
- 7. Perhatikan teks berikut ini !
Pesawat Kepresidenan
(1)Keinginan pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BJJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.
(2)Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru denganperlengkapan baru yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.
(3)Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik.
(4)Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional. Penulis juga menambahkan jika pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu.
Dari teks di atas yang menyatakan pedapat setuju di tunjukan pada nomor :... .
- A. 4
- B. 3
- C. 2
- D. 1
- 8. Perhatikan teks pidato berikut ini!
Hadirin yang saya hormati,
Usia remaja merupakan usia yang berpengaruh terhadap perkembangan masa depan. Dimana pada usia remaja ini, kita harus hati hati dalam memilih pendidikan dan khususnya pergaulan. Jangan sampai kita menyia-nyiakan usia remaja begitu saja tanpa kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti menyiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik.
Dari sekian banyak hal-hal bermanfaat ketika remaja, salah satunya yaitu dengan mengikuti kegiatan pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini bisa membantu membentuk para remaja kedalam keahlian khusus maupun pengembangan bakat yang ada pada dirinya. sehingga nanti jika para remaja sudah dewasa bisa mempunyai karakter dan keahlian yang bisa bermanfaat untuk kehidupan kalian. Selain itu, pendidikan karakter juga melahirkan nilai-nilai positif terhadap dan budi pekerti yang baik. maka dari itu, marilah kita perjuangkan masa depan dengan memanfaatkan waktu remaja dengan mengikuti hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk kebaikan di masa depan kita.
Ringkasan yang tepat pada teks pidato di atas adalah :… .
- A. Pergaulan pada remaja
- B. Pentingnya pergaulan
- C. Pentingnya pendidikan karakter
- D. Pendidikan pada remaja
- 9. Perhatikan teks surat berikut ini!
Teks 1
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan hormat, kami dari Dinas Pemerintah akan mengundang Bapak/Ibu/saudara untuk menghadiri syukuran dalam rangka berdirinya organisasi Budi Pekerti yang ke 12 sebagai organisasi yang tetap solid mewadai pemikiran anak muda dalam pengambilan keputusan dan berkarya yang baik dan berdasarkan etika yang berlaku
Teks 2
Asslamu’alaikum
Halo Desi, apa kabar? Semoga kamu di sana baik-baik saja dan kebetulan aku di sini juga senantiasa sehat dan baik. Sudah lama ya kita tidak bertemu. Tentunya kamu sudah semakin pintar dan cantik sekarang. Aku benar-benar sudah nggak sabar ingin bertemu denganmu. Di sini aku sangat betah karena nuansanya yang sangat sejuk dan indah. Teman-teman baruku juga sangat ramah dan baik. Namun aku sangat rindu kebersamaan kita bersama dengan teman-teman. Karena saking rindunya, aku sering memimpikan kalian. Doakan aku selalu betah di sini dan bisa meraih cita-citaku.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: kalimat tidak efektif, Teks 2: kalimat efektif.
B. Teks 1: menggunakan kata baku, Teks 2: menggunakan kata tidak baku.
C. Teks 1: bahasa mudah dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.
D. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.
A. Teks 1: kalimat tidak efektif, Teks 2: kalimat efektif.
B. Teks 1: menggunakan kata baku, Teks 2: menggunakan kata tidak baku.
C. Teks 1: bahasa mudah dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.
D. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.
- 10. Perhatikan teks berikut ini!
Semakin besar isi kandungan Tar dan Nikotin dalam sebatang rokok, Maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi perokok aktif.
Pada teks persuasi di atas merupakan struktur teks pada bagian :
- A. Alenia pembuka
- B. Alenia penjelas
- C. Alenia penutup
- D. Simpulan
- 11. Bacalah teks ulasan berikut!
(1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.
Pernyataan berupa keunggulan buku terdapat pada bagian ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
- 12. Perhatikan teks berikut ini !
Menurut Anton J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi Persepatuan Indonesia), pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepada para pengusahanya untuk melakukan ekspansi bisnis dan investasi. Para pengusaha dan asosiasi di Indonesia justru sibuk menyikapi kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...
- A. Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia.
- B. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya.
- C. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya. Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.
- D. Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak usah mencontoh kebijakan pemerintah Cina.
- 13. Perhatikan teks fabel berikut ini !
Disebuah hutan rimba belantara, tinggalah seekor singa yang cukup besar dan gagah. Dia dijuluki singa yang perkasa karena dia sangat kuat. Bahkan diseluruh hutan, tak ada satupun hewan yang berani mengusiknya. Namun sayangnya, kekuatan yang dimiliki membuat singa itu memandang rendah pada semua hewan .
Makna kata yang digaris bawahi pada teks di atas adalah :
- A. Sombong
- B. Hina
- C. Penguasa
- D. Suka mencuri
- 14. Bacalah penggalan teks berikut!
Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini. Jasad ibuku masih belum kututup. Membujur di depan kamarku dengan kelu. Ia baru saja pergi, setelah berbulan melawan sakit dan derita.
Kutatap terus wajahnya yang pucat tapi pasrah itu. Matanya tidak terlalu rapat mengatup. Seakan –akan masih ada sisa kenangan di sana. Seakan-akan masih ada sesuatu yang dilihatnya. Tapi tidak. Kupikir cukuplah ia hidup dengan penderitaan-penderitaan yang menyekap dihampIr seluruh umurnya.
Makna yang tersurat pada teks di atas adalah :
- A. Penyesalan yang tiada arti
- B. Penderitaan yang tiada henti
- C. Keiklasan dan ketabahan seseorang
- D. Kemarahan yang memuncak
- 15. Bacalah potongan teks cerpen berikut ini !
Tak terasa ini sudah 40 hari kepergian istriku, dan 7 hari kepergian anakku. Sedih dan duka itu tentu masih ada, namun menipis, setipis kain tissue yang sering aku gunakan untuk menyeka air mata dan ingusku karena berduka. Namun aku sadar, bahwa berduka terlalu lama tak akan ada gunanya. Menjalani hidup sekuat mungkin adalah solusi atas kekosongan dan kesedihanku ini.
Pada penggalan teks di atas merupakan struktur teks cerpen bagian :
- A. Abstraksi
- B. Orientasi
- C. Komplikasi
- D. Evaluasi
- 16. Perhatikan penggalan teks drama berikut ini !
Suatu ketika, 4 orang sahabat sedang berkumpul untuk membicarakan mengenai rencana mereka di masa depan. Mereka pun terlibat dalam pembicaraan yang cukup serius.
Toni : Kalau kalian misalnya dihadapkan 2 pilihan, kerja di perusahaan besar tapi gajinya kecil, atau kerja di perusahaan kecil tapi gajinya besar. Kalian lebih pilih yang mana?
Linda : Yaa kalau aku pilih yang di perusahaan kecil tapi gajinya besar.
Norman : (menggelengkan kepalanya) Lebih baik di perusahaan besar, ya walaupun gajinya kecil. Kalau kita bekerja di perusahaan besar, masa depan kita lebih terjamin pastinya.
Toni : Kalau kamu bagaimana, Am?
Ami : Kalau aku sih yang penting potensi ke depannya baik. Tak apa-apa sementara gaji kecil, tapi asalkan nanti ke depannya bisa cukup menjanjikan bagiku.
Makna simbol dari menggelengkan kepala pada teks di atas adalah
- A. Menuruti perintah
- B. Mengajak
- C. Menyetujui
- D. Tidak setuju
- 17. Bacalah kutipan cerita berikut ini !
Para penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si merak semakin menjadi-jadi! Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu.
"Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan.
Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada merak.
"Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak," pikir kancil suatu hari.
Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai.
Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya.
Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.
Dikutip dari: Imam Musbikin, "Merak yang Angkuh" dalam Si Kodok dalam Tempayan, Yogyakarta, Mitra Pustaka, 2005
Isi tersirat kutipan fabel tersebut adalah . . .
"Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan.
Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada merak.
"Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak," pikir kancil suatu hari.
Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai.
Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya.
Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.
Dikutip dari: Imam Musbikin, "Merak yang Angkuh" dalam Si Kodok dalam Tempayan, Yogyakarta, Mitra Pustaka, 2005
Isi tersirat kutipan fabel tersebut adalah . . .
- A. Penghuni hutan hidup rukun meskipun ada salah satu penghuni yang sombong karena memiliki bulu indah.
- B. Kancil dan teman-temannya selalu menghindari merak karena ia suka memamerkan bulu-bulunya.
- C. Merak tidak disukai teman-temannya karena ia sombong, merasa tidak tertandingi kecantikannya.
- D. Kancil dan teman-temannya membiarkan ulah merak yang suka memamerkan bulu-bulunya.
Bacalah kutipan teks cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 19!
- (1) Saat pelajaran dimulai Rio hanya fokus pada ponselnya saja. “Rio, ssst Rio udah berhenti main ponselnya, “Tegur Fikri kepada Rio dengan nada pelan. “Kenapa? Tanggung ini lagi seru mainnya,” Jawab Rio. “Ayo, fokus pada pelajaran,” Tegur Fikri kepada Rio.
- (2) Ternyata diam-diam Pak Widi memperhatikan mereka yang sedang berbisik-bisik itu. “Fikri dan Rio apa yang kalian bicarakan? Dari tadi kalian hanya berbicara saja.” Tegur Pak Widi kepada mereka berdua. “Nggh ini, Pak si Rio... si Rio ...” jawab Fikri dengan ragu-ragu. “Ada apa dengan Rio Fikri?” potongnya. “Si Rio dari tadi tidak memperhatikan saat Bapak menjelaskan tadi,” jawab Fikri. “Apa benar Rio kamu tidak memperhatikan saat Bapak menejelaskan di papan tulis tadi?” Tanya Pak Widi kepada Rio. “I... iya Pak,” jawab Rio dengan terbata-bata.
- (3) Tanpa pikir panjang Pak Widi segera bergegas menuju tempat duduk mereka bedua. “Coba keluarkan ponselmu, tegur Pak Widi kepada Rio dengan nada tinggi. “B... baik ini, Pak,” sahut Rio sambil mengeluarkan ponsel dan memberikan kepada Pak Widi. “Pasti ponsel ini yang membuat kamu tidak memperhatikan Bapak tadi, benar bukan?” tanya Pak Widi. “Iya Pak,” jawabnya dengan lesu dan menahan malu.
- (4) “Mulai hari ini Bapak akan memegang sementara ponsel ini kalau kamu ingin ponsel ini kembali, temui Bapak bersama orang tua kamu besok di ruang guru,” kata Pak Widi. Pak Widi pun langsung melanjutkan pelajaran hingga bel istirahat berbunyi.
- 18. Konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
- A. Pak Widi mengambil ponsel Rio.
- B. Fikri meminjam ponsel milik Rio.
- C. Pak Widi mendekati Fikri dan Rio.
- D. Fikri menegur Rio saat main HP.
- 19. Pada penggalan teks di atas yang merupakan struktur komplikasi pada cerpen ditunjukan pada nomor.
- A. (1)
- B. (2)
- C. (3)
- D. (4)
- 20. Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
Mumba dengan santai berjalan di tengah hutan. Tanpa sengaja ia menemukan buah yang sangat lezat. Mumba berniat mengambil buah tersebut. Rencananya, dia akan menikmati buah yang lezat itu di pinggir sungai di tengah hutan, ditemani hembusan angin, dan lambaian daun pepohonan yang mendayu-dayu. Sesampainya di tepi sungai, Mumba dengan santai menyantap buah tersebut.
Teks Fabel II
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja seperti bola namun berlagak tengah mencari sumber kehidupan”. Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….
Teks 1
|
Teks 2
| |
A
|
Bermajas litotes
|
Bermajas personifikasi
|
B
|
Bermajas perumpamaan
|
Bermajas metafora
|
C
|
Bermajas personifikasi
|
Bermajas litotes
|
D
|
Bermajas personifikasi
|
Bermajas perumpamaan
|
- 21. Perhatikan puisi berikut ini!
SERENADA KELABU
Bagai daun yang melayang.
Bagai burung dalam angin.
Bagai ikan dalam pusaran.
Ingin kudengar beritamu!
Ketika melewati kali
terbayang gelakmu.
Ketika melewati rumputan
terbayang segala kenangan.
Awan lewat indah sekali.
Angin datang lembut sekali.
Gambar-gambar di rumah penuh arti.
Pintu pun kubuka lebar-lebar.
Ketika aku duduk makan
kuingin benar bersama dirimu.
(Karya: W.S. Rendra)
Kesimpulan isi yang terdapat pada teks puisi di atas menggambarkan.
- A. Perasaan senang terhadap seseorang
- B. Menggambarkan kerinduan yang mendalam.
- C. Menggambarkan keindahan alam semesta
- D. Ucapan syukur terhadap pencipta
- 22. Perhatikan teks drama berikut ini !
Renita : Nanti setelah lulus dari SMA kamu mau menjutkan kemana kuliah apa kerja? Aku masih bingung dan masih ingin di rumah dulu. Kalau kamu?
Resita : Aku mau langsung kerja aja lu kan juga tau gua kalau di sekolah ngapain aja masa mau kuliah hahaha. .
Renita : Apa kamu sudah ada tempat untuk kamu kerja nanti ? Atau masih mencari ?
Resita : Udah ada si kalau aku ingin langsung ke purasahaan aja, aku gak mau kerja di pabrik..!
Renita : Kenapa? gak mau kerja di pabrik?
Resita : Lha lu kan tau sendiri keja di pabrik itu ngapain aja dan resikonya apa aja dan kerjanya berapa lama?
Renita : Iya juga ya bener juga kamu.
Resita : Dulu aku juga sempat kepikiran habis lulus sekolah ingin melanjutkan kuliah dahulu, tapi semua itu berubah entah kenapa aku ingin bekerja dari pada melanjutkan kuliah.
Renita : Kalau kamu udah di terima nanti kabari aku ya jika ada lowongan kerjaan.
Resita : Iya pasti aku kabari kamu tenang aja sekarang fikir aja dulu mau kerja atau lanjut ke perguruan tinggi.
Renita : Iya itu akan ku pikirkan tenang aja.
Sesudah melewati pembicaraan yang begitu panjang dan beberapa hari sudah berlalu renita menemukan jawabanya dia ingin masuk ke perguruan tinggi dan resita sudah di terima di perusahaan yang dia inginkan.
Kelebihan penggunaan bahasa pada teks drama di atas adalah :... .
- A. Penggunaan bahasa yang baku
- B. Menggunakan bahasa yang sulit di mengerti
- C. Menggunakan bahasa sehari-hari dan mudah dipahami
- D. Menggunakan bahasa resmi
- 23. Perhatikan penggalan surat berikut ini !
Dengan hormat,
Berdasarkan 1(…)surat ini mengenai adanya sistem baru untuk ujian semester sekolah untuk kelas XII demi tercapainya pembelajaran yang efektif, maka bersama dengan surat ini, kami ingin mengundang Bapak/ Ibu Guru untuk menghadiri rapat membahas sistem tersebut, yang akan 2(…)pada :
Kata yang tepat untuk melengakapi teks rumpang di atas adalah
- A. Hadirnya, dilakukan
- B. Adanya, dibahas
- C. Datangnya, dilaksanakan
- D. Kembalinya, dilakukan
- 24. Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1) Menyiram dengan air secukupnya.
2) Membungkus tanah yang telahditempelkan dengan menggunakanSabut atau plastik.
3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4) Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.
5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.
Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman di atas yang tepat adalah ....
A. 1-3-4-2-5
B. 5-1-3-4-2
C. 5-3-4-2-1
D. 1-5-3-4-2
- 25. Bacalah kutipan pidato berikut!
Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kehadiran teman-teman menghadiri kegiatan pameran buku dalam rangka menyambut adik-adik kita siswa kelas 7 yang baru.
[.......]
Apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia memohon maaf.
[.......]
Apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia memohon maaf.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi teks pidato tersebut adalah …
- A. Akhirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran buku ini.
- B. Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatan
- C. Demikian sambutan dari saya selaku Ketua Panitia semoga pameran buku ini bermanfaat
- D. Pameran buku ini merupakan agenda tahunan OSIS dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.
- 26. Perhatikan penggalan teks cerpen berikut ini !
Setibanya di kelas mereka langsung mencari orang yang akan dicontek. Setelah beberapa kali mencari ternyata tidak ada satu orang pun yang sudah selesai mengerjakan PR tersebut. “Apa disini sudah ada yang selesai mengerjakan PR Fisika?” bentak Bayu, “Belummm…” jawab serentak semua orang yang ada di kelas sambil tertawa kecil, “Hadeuhhh…” balas Bayu sambil memegang dahi. “Tunggu, ngomong – ngomong Renal belum dateng kan?” tanya Seno, “Oh iya benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan” balas Fery. Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang.
Teks cerpen tersebut jika diubah menjadi bentuk teks drama yang benar adalah
- A. Setibanya mereka di kelas mencari orang yang akan di contek.
Bayu : “Apa disini sudah ada yang selesai mengerjakan PR Fisika?”
Semua Murid : “Belummm…” (tertawa kecil)
Bayu : “Hadeuhhh…” (memegang dahi)
Seno : “Tunggu, ngomong – ngomong Renal belum dateng kan?”
Fery : “Oh iya, benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan”
(Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang).
- B. Bayu : Setibanya mereka di kelas mencari orang yang akan di contek.
Semua Murid : “Hadeuhhh…” (memegang dahi)
Bayu : “Tunggu, ngomong – ngomong Renal belum dateng kan?”
Seno : “Oh iya, benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan”
Fery : (Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang).
- C. Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang
Bayu : “Tunggu, ngomong – ngomong Renal belum dateng kan?”
Semua Murid : “Belummm…” (tertawa kecil)
Bayu : “Oh iya, benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan”
Semua murid : Setibanya mereka di kelas mencari orang yang akan di contek.
- D. Setibanya di kelas mereka langsung mencari orang yang akan dicontek. Setelah beberapa kali mencari ternyata tidak ada satu orang pun yang sudah selesai mengerjakan PR tersebut. “Apa disini sudah ada yang selesai mengerjakan PR Fisika?” bentak Bayu, “Belummm…” jawab serentak semua orang yang ada di kelas sambil tertawa kecil, “Hadeuhhh…” balas Bayu sambil memegang dahi. “Tunggu, ngomong – ngomong Renal belum dateng kan?” tanya Seno, “Oh iya benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan” balas Fery. Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang.
- 27. Perhatikan kutipan data buku berikut!
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat ulasan yang tepat untuk menggambarkannya adalah . . . .
- A. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
- B. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpikir keras.
- C. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
- D. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap
- 28. Bacalah teks berikut ini !
(1)Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata. (2)Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3)Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4)Banyak turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak berselancar.
Dari teks di atas kalimat yang tidak padu di tunjukan pada nomor...
- A. 1
- B. 2
- C. 3
- D. 4
:
- 29. Bacalah penggalan teks berikut ini !
Satu sampah dapat mengakibatkan efek samping yang besar, sampah memiliki 2 jenis bagian yakni(....). Organik adalah jenis sampah yang mudah dihancrukan seperti sayuran, hewan busuk, nasi, dan jenis organik lainnya. Sedangkan anorganik tidak mudah diuraikan seperti bahan-bahan yang menggunakan nahan plastik. Jika sampah anorganik berserakan dimana-mana maka akan menimbulkan banyak masalah seperti penyakit, udara yang tidak sedap, polusi, dan lain sebagainya.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah...
- A. Sampah kotor dan bersih
- B. Sampah plastik dan sampah rumah tangga
- C. Sampah berserakan dan limbah
- D. Sampah organik dan anorganik
- 30. Perhatikan teks berikut ini!
Untuk membiayai pendidikannya, seorang anak miskin menjual barang dari pintu ke pintu. Suatu hari, anak laki-laki ini benar-benar lapar tapi tidak punya uang untuk membeli makanan. Dia memutuskan untuk meminta sesuatu untuk dimakan ketika ia mengetuk pintu di rumah berikutnya. Seorang wanita muda yang cantik membuka pintu tersebut, dan anak itu kehilangan keberaniannya. Akhirnya dia hanya meminta untuk diberi segelas air, ia terlalu malu untuk meminta makanan. Wanita muda tersebut (....)segelas susu, yang segera diminum dengan rakus oleh anak itu.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi teks rumpang di atas adalah... .
- A. Bawakan
- B. Dibawa
- C. Mebawakan
- D. Membawakannya
- 31. Perhatikan teks pidato berikut ini !
Banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah di sana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja di manapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran di sekolah.
Penggunaan kata yang tepat pada teks yang di cetak miring adalah :
- A. Di dunia maya ini
- B. Di jagat dunia ini
- C. Di internet
- D. Di dunia ini
:
- 32. Perhatikan teks berikut ini !
(1) Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. (2) Semua anak didik mempunyai sanak keluarga. (3) Dalam lingkungan keluarga inilah seorang anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan. (4) Tugas utama keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan padandangan hidup keagamaan.
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
- 33. Perhatikan penggalan teks berikut ini!
(1)Pergaulan bebas mempunyai dampak yang sangat negatip, (2) misalnya melakukan hal yang melanggar hukum (mabuk dan semacamnya).(3) Selain itu terdapat pula dampak positipnya yaitu (4) mempunyai banyak teman, belajar cara berkomunikasi, menghormati, mengendalikan diri di tengah masyarakat.
Ejaan yang kurang tepat pada teks di atas ditunjukan pada nomor :... .
- A. 1 dan 2
- B. 2 dan 3
- C. 3 dan 4
- D. 1 dan 3
- 34. Bacalah teks berikut.
(1)Cerpen adalah teks karangan penulis yang membuat pembaca dapat merasakan hal yang dituliskan, baik melalui pancaindra maupun batin secara imajinatif. (2) sebuah cerpen ditulis berdasarkan cerita fiktif ataupun nyata. (3) cerpen sendiri digemari oleh banyak kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. (4) sebuah cerpen dapat dikatakan baik atau berhasil apabila pembaca merasakan hal yang diceritakan, dan penasaran dengan kisah sesungguhnya.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor ... .
- A. 1 dan 2
- B. 2 dan 3
- C. 3 dan 4
- D. 4 dan 1
- 35. Perhatikan teks berita berikut ini !
Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Herman Ruswandi mengatakan, larangan penggunaan GPS sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. (....) di pasal 106 ayat 1 dan pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, sehingga tidak diragukan lagi," kata Herman seperti dikutip dari Antara, Minggu (10/2/2019).
Kata yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah :.. .
- A. Sudah ada
- B. Sudah diatur
- C. Dijelaskan dalam
- D. Ada dalam
- 36. Perhatikan teks berikut ini !
(1)Pada suatu hari tepatnya 11 tahun yang lalu saya mulai memasuki kelas 6 SD dimana pada saat itu ada salah seorang guru yang baik mengajar di kelas 6 SD yaitu ibu suartini S.Pd. (2) Guru tersebut sangatlah baik, sopan, penyabar, dan banyak di kagumi oleh banyak murid pada saat itu. (3)Namun waktu sangatlah berputar terlalu cepat dimana kami semua harus sudah meninggalkan SD. kami semua jarang sekali bertemu satu sama lain karena kesibukan masing-masing, hingga pada suatu ketika disaat ada salah seorang teman saya yang bertemu dengan suami dari ibu tersebut dan berbincang-bincang, ternya ibu tersebut sedang dirawat di salah satu rumah sakit karena mengidap suatu penyakit.(4) Serentak kami mengabari teman’teman kami yang seangkatan pada waktu itu untuk membantu meringankan beban beliau.
Ketidak tepatan penggunaan tanda baca pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor... .
- A. 1 dan 2
- B. 2 dan 3
- C. 3 dan 4
- D. 2 dan 4
- 37. Perhatikan penggalan surat pribadi berikut ini !
Aku sangat meridukanmu vin. Rindu dengan semua kehidupan dan kebiasaan di desa. Juga sangat rindu dengan teman-teman semua yang ada di sana. Saking kangennya, aku jadi bermimpi bahwa semalam kita bermain bersama. Oh iya, kebetulan ada kabar yang baik untukmu. Kini aku sudah diterima di universitas Indonesia di jurusan kajian Perempuan. Aku berhasil bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar yang lain loh. Aku belajar dengan sangat giat untuk itu dan karena itu aku berhasil diterima di Universitas yang dulu kau bilang sangat bagus ini.
Perbaikan penulisan ejaan yang tepat pada kalimat yang bercetak miring adalah... .
- A. di universitas indonesia di jurusan kajian perempuan
- B. di Universitas indonesia di jurusan Kajian perempuan
- C. di universitas Indonesia di jurusan kajian Perempuan
- D. di Universitas Indonesia di jurusan Kajian Perempuan
- 38. Bacalah penggalan teks laporan percobaan beikut ini !
- 1. Campur telur, maizena, air, dan, susu kental manis. Aduk sampai adonan tercampur merata.
- 2. Masak adonan di atas api sampai adonan ada sedikit bunyi letupan dari adonan tersebut, dan dinginkan ke dalam lemari es serta biarkan selama 6 s/d 7 jam.
- 3. Angkat dan hancurkan es dengan garpu lalu haluskan dengan mixer. Cairkan SP untuk es krim dan vanili lalu masukkan ke dalam mixer, lanjut mixer adonan.
- 4. Bagi dua adonan, lalu masukkan pasta strawberry kemudian mixer kembali dan adonan kedua masukkan pasta coklat. Letakkan ke dalam wadah, dan simpan ke dalam mesin pendingin.
Perbaikan tanda baca pada teks yang dicetak miring adalah... .
- A. Campur telur, maizena, air, dan susu kental manis.dan 6 .s.d 7 jam.
- B. Campur telur, maizena, air dan, susu kental manis.dan 6 sd 7 jam
- C. Campur telur, maizena. air dan susu kental manis.dan 6 s/d 7 jam
- D. Campur telur, maizena, air, dan susu kental manis.dan 6 s.d. 7 jam
- 39. Perhatikan paragaraf berikut!
Keberagaman manusia dapat ditinjau dari sifat-sifat pribadi manusia. Sifat-sifat pribadi tersebut Antara lain sikap, watak, kelakuan, temperamen dan hasrat. Selain individu, terdapat juga keragaman sosial. Jika keragaman individu terletak pada perbedaan secara individu atau perorangan, keragaman sosial terletak pada keragaman dari masyarakat satu dengan masyarakat lainnya.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada paragraf tersebut adalah . . .
A. Penggunaan tanda isah setelah kata manusia pada kalimat pertama.
B. Penggunaan tanda koma setelah kata temperamen pada kalimat kedua.
C. Penggunaan tanda titik dua setelah kata antara lain pada kalimat kedua.
D. Penggunaan tanda pisah setelah kata sosial pada kalimat keempat.
- 40. Bacalah teks berikut ini !
Sudah beberapa bulan aku menunggu panggilan kerja. Rasanya hariku pilu bingung tanpa arah. Kerjaanku hanya luntang-lantung di rumah. Aku bingung harus ngapain. Ingin usaha tapi tak punya modal. Suatu hari, kuniatkan untuk bertemu teman-temanku, sekedar berbagi tentang masalahku ini.
(......)
Tapi tidak, aku harus mengembalikan dompet ini pada pemiliknya. Tak selang berapa lama setelah aku pulang dari rumah temanku, kukembalikan dompet itu. Bermodalkan alamat di KTP, aku menemukan rumahnya di perumahan elit dekat dengan hotel Grand Palace. Kupencet bel dan kemudian dibuka oleh tukang kebun yang bekerja di rumah itu.
Teks yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah...
- A. Saat jalan menuju rumah temanku, di samping jalan sedikit ujung dari trotoar, aku melihat sebuah dompet berwarna hitam. Kuhampiri dompet itu, kubuka, dan kulihat isinya. KTP, SIM A, beberapa surat- surat penting, tabungan yang isinya fantastis, dan sebuah kartu kredit. Dalam pikiranku muncul suara agar aku menggunakan isi dalam dompet itu.
- B. “Permisi, Pak. Benarkah ini alamat Pak Budi?” Tanyaku.
“Iya benar. Anda siapa, ya?” Tanya tukang kebun.
“Saya Adi, ingin bertemu dengan Pak Budi. Ada urusan penting.”
“Baiklah silakan masuk, kebetulan bapak ada di dalam,” Pinta tukang kebun.
Aku masuk dengan malu-malu ke dalam rumah megah pemilik dompet yang kutemukan.
- C. “Oke baiklah, Nak. Di perusahaan Bapak sedang membuthkan staff administrasi. Barangkali jika kamu tertarik bisa ke kantor saya besok pagi jam 9. Ini kartu nama saya.” Sambung Pak Adi sambil menyodorkan kartu namanya padaku.
- D. Saat jalan menuju rumah temanku, di samping jalan sedikit ujung dari trotoar, aku melihat sebuah tas berwarna hitam. Kuhampiri tas itu. Dalam pikiranku muncul suara agar aku menggunakan isi dalam tas itu.
- 1. Bacalah teks berikut ini !
Memantau putra-putri kita agar terhindar dari berbagai macam potensi pengaruh buruk yang bisa merusak moral dan akhlak mereka merupakan kewajiban dari setiap orang tua. Orangtua harus selalu bisa memberikan nasehat yang mendidik kepada anaknya. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sebagai pondasi untuk membentengi anak-anak dari hal yang bisa menjerumuskan ke perilaku-perilaku yang negatif.
Penulisan diksi yang tidak tepat pada teks di atas terdapat pada kalimat...
- 2. Bacalah penggalan teks ulasan berikut ini !
Puisi dengan judul “Ayah” ditulis oleh Cantika Ayu. “Ayah” telah diterbitkan di suatu majalah khusus anak dan remaja pada tahun 2017. Puisi ini berisi tentang perjuangan-perjuangan yang dilakukan seorang Ayah. Perjuangan yang dilakukan hanya demi keluarganya yang tercinta. Di dalam puisi ini juga menggambarkan besarnya rasa cinta seorang anak untuk ayahnya.
Pada bait pertama, digambarkan betapa beratnya perjuangan seorang ayah. Ayah harus bekerja dengan cucuran keringat demi pundi-pundi rupiah. Panas matahari tidak ia permasalahkan lagi. Pada bait selanjutnya digambarkan tentang rasa sayang seorang anak. Ayah merupakan cinta pertama seorang anak. Ayah juga pemberi kebahagiaan dan seorang sosok yang penting untuk anaknya.
Kesimpulan isi yang ada dalam teks di atas adalah..
- 3. Bacalah puisi berikut ini dengan seksama!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi."
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi."
Amanat dari puisi berjudul “Karangan Bunga” di atas adalah.....
- 4. Perhatikan penggalan teks cerpen berikut ini !
Andi adalah anak saleh dan ramah. Dia anak yatim yang sangat berbakti dan setia kepada sang ibu. Pada saat liburan dia diajak oleh Ali dan Arsad camping ke hutan lindung. Ketika meraka akan berangkat, tiba-tiba ibu Andi mendadak sakit keras. Karena rencana sudah matang, kedua temannya tetap mengajak berangkat tanpa mempedulikan keadaan Andi. Andi menjadi bingung dan bimbang.
Naskah drama yang paling tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
- 5. Perhatikan teks berita berikut ini !
‘Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap 22 orang saksi dari ATKP dan saksi lain. Kemudian beberapa hari lalu kami juga sudah memeriksa 2 orang saksi baru lagi dari pihak taruna senior ATKP, dimana keterangannya tidak terlalu jauh hampir sama dengan keterangan taruna lainnya,’ ujar Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Ujang Darmawan, pada Minggu (10-2-2019).
Dalam teks berita di atas terdapat tanda baca yang kurang tepat, coba kalian perbaiki kesalahan penggunaan tanda baca pada teks di atas.