Sabtu, 30 Maret 2019

LATIHAN GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI 2


1.      Gerak berikut yang bukan merupakan contoh getaran adalah ....
A.  gerak jarum jam
B.  senar gitar yang dipetik
C.  gerak ayunan bandul jam
D.  gerak bumi ketika terjadi gempa

2.      Suatu beban digantungkan pada pegas seperti pada gambar, kemudian digetarkan. Jika dalam 3 detik terjadi 18 kali gerakan pegas bolak-balik, berarti frekuensi dan periode getarannya adalah ....
        
    A.  1 6  Hz dan 6  sekon
    B.   Hz dan 3 sekon
    C.  3 Hz dan ⅓ sekon
    D.  6 Hz dan 1 6 sekon









3.      Perhatikan gambar berikut.
    
Apabila gerakan  dalam satu periode P-Q-R-Q-P memerlukan waktu 0,8 sekon, maka periode dan frekuensi getarannya adalah ….
A.  0,8 s dan 1,25 Hz
B.  0,4 s dan 1,25 Hz
C.  0,6 s dan 1,25 Hz
      D.  0,2 s dan 1,25 Hz








4.      Gelombang transversal memiliki arah rambatan ....
A.  naik dan turun searah dengan getarannya
B.  merapat dan meregang searah getarannya
C.  naik dan turun tegak lurus dengan arah getarannya
D.  merapat dan merenggang tegak lurus dengan arah getarannya

5.  Periode suatu getaran 0,6 sekon. Dalam waktu 2 menit benda melakukan getaran sebanyak ....
A.  200 kali                        C.  600 kali
B.  400 kali                        D.  800 kali
  
6.     Pada gambar berikut ini, sederetan gelombang yang sedang bergerak sepanjang seutas tali ...
           
Panjang gelombang gambar tersebut adalah  ....
     A.  1,5 m                           C.  4,5 m
     B.  3,0 m                           D.  9,0 m










7.      Perhatikan gambar berikut!

Untuk menempuh gelombang dari A sampai C diperlukan waktu 2 sekon, maka frekuensi  gelombang tersebut adalah….
     A.  2 Hz                             C.  0,5 Hz
     B.  1 Hz                             D.  0,25 Hz











8.      Gambar berikut melukiskan pola tali pada suatu saat yang dilewati gelombang berjalan transversal.
   
Jika posisi A dan posisi B terpisah sejauh 30 cm, maka periode dan cepat rambat gelombang tersebut adalah....
    A.  4 sekon dan 20 cm/s
    B.  4 sekon dan 15 cm/s    
    C.  4 sekon dan 10 cm/s 
    D.  4 sekon dan 7,5 cm/s  







9.      Perhatikan gambar berikut!

Apabila panjang gelombangnya 16 m, maka  
cepat rambatnya adalah ….
           A.  2,5 m/s                        C. 10 m/s
           B.  5,0 m/s                        D. 15 m/s











10.   Perhatikan gambar berikut!

Cepat rambat gelombang tersebut adalah ….
    A.  4,8 cm/s                      C. 12 cm/s
    B.  6,0 cm/s                      D. 16 cm/s










11.   Perhatikan gambar gelombang berikut.
Frekuensi dan cepat rambat gelombang tersebut adalah
    A.  0,125 Hz dan 0,1 m/s              
    B.  0,125 Hz dan 0,2 m/s            
    C.  0,125 Hz dan 0,3 m/s
    D.  0,125 Hz dan 0,4 m/s











12. Mendengarkan pertunjukan musik di sebuah gedung besar tanpa peredam suara, terdengar tidak jelas. Alasannya adalah ….
A.  terjadi gema, sehingga menggangu bunyi asli
B.  bunyi pantul datang bersaaan dengan bunyi asli        
C.  dinding gedung menyerap sebagian bunyi asli   
D.  bunyi pantul datang susul-menyusul dengan bunyi asli    

13.   Beberapa pernyataan berkaitan dengan bunyi :
1.   sumber bunyi memiliki interval frekuensi antara 20 Hz – 20.000 Hz
2.   sumber bunyi berada dalam ruang tertutup dan suhu tidak berubah
3.   antara sumber bunyi dan pendengaran terdapat zat perantara
4.   antara sumber bunyi dan bidang pantul terdapat zat perantara.
Seorang siswa dapat mendengar bunyi dengan baik, di antara pernyataan tersebut yang harus dimiliki adalah ….
A.  (1) dan (2)                   C.  (2) dan (4)
B.  (1) dan (3)                   D.  (3) dan (4)

14. Gelombang ultrasonik dipancarkan dari atas permukaan laut, kecepatan gelombang ultrasonik di dalam air laut sebesar 800 m/s. Jika 1,6 sekon setelah gelombang asli dipancarkan terdeteksi pantulan gelombang ultrasonik tersebut, maka dapat diperkirakan kedalaman laut tersebut adalah ....
A.  1280 meter                  C. 640 meter
B.  800 meter                    D. 340 meter 

15.   Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
1.   untuk mengukur kedalaman laut
2.   untuk mempertinggi frekuensi bunyi
3.   untuk mengukur jarak antara dua tempat
4.   untuk memperkuat panjang gelombang bunyi
Manfaat bunyi pantul dapat ditunjukkan pada pernyataan nomor ….
A.  1 dan 2                        C. 2 dan 4
B.  1 dan 3                        D. 3 dan 4

16.   Perhatikan gambar berikut!

      Gambar berikut menunjukkan sebuah kapal penelitian yang mengirimkan bunyike dasar laut. Empat sekon kemudiangema yang dipantulkan dari dasar laut ditangkap oleh osilator. Jika kedalaman laut 3.000 m, maka cepat rambat dalam air adalah ....
      A.  6.000 m/s                    C.  3.000 m/s
      B.  4.500 m/s                    D.  1.500 m/s









17.   Perhatikan pernyataan berikut.
1.   memusnahkan bakteri pada makanan
2.   mengukur kedalaman laut
3.   meratakan campuran logam
4.   mendeteksi retakan pada logam
Yang termasuk pemanfaatan bunyi adalah ....
A.  1 dan 2                        C.  2 dan 4
B.  1 dan 3                        D.  3 dan 4

18.  Pada tabung resonansi terjadi resonansi pertama ketika panjang kolom udara 50 cm. Panjang kolom udara ketika terjadi resonansi ketiga adalah ....
A.  40 cm                          C.  60 cm
B.  50 cm                          D.  70 cm

19. Pada percobaan yang dilakukan seorang siswi diketajui pada resonansi pertama panjang kolom udara sepanjang 80 cm. Jika cepat rambat bunyi di udara saat itu 640 m/s, maka frekuensi garpu tala adalah ....
A.  100 Hz                         C.  300 Hz
B.  200 Hz                         D.  400 Hz

20.   Garpu tala dengan frekuensi 550 Hz digetarkan di mulut gelas ukur yang panjangnya 30 cm. Sambil garpu tala digetarkan, ke dalam gelas ukur dimasukkan sedikit demi sedikit. Ketika air dalam tabung mencapai tinggi 15 cm, terdengar bunyi garpu tala yang paling keras. Ketika ke dalam tabung ditambahkan air lagi, bunyi garpu tala semakin lemah dan tidak terdengar lagi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa cepat rambat bunyi di udara adalah ....
A.  130 m/s                       C.  300 m/s
B.  264 m/s                       D.  330 m/s


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran